Grafika komputer (Inggris: Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Aplikasi grafika komputer
- Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI)
- Peta (Cartography)
- Kesehatan
- Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD)
- Sistem multimedia
- Presentasi grafik
- Presentasi saintifik
- Pemrosesan citra
- Simulasi
Pembagian grafika komputer
Bagian dari grafika komputer meliputi:
- Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
- Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
- Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
- Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Sedikit latihan mari kita membuat sebuah Circle and Threeleaf menggunakan delphi.
Perancangan program untuk penggambaran Circle and Threeleaf pendekatan fungsi parameter dapat dilakukan dah berikut :
- Jalankan Delphi.
- Setelah muncul Form baru pada halaman Delphi, maka tambahkan komponen Button1 pada halaman Form1. Atur properti Captionnya dengan nama Proses.
- klik 2x pada Button1 dan ketikkan listing dibawah ini
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var r,d,c,x,y,theta,thetf: real;
a,xc,yc:integer;
c1,x1,y1,theta1,theta_b1:real;
r1,xc1,yc1:integer;
begin
a:=100;xc:=180;yc:=120;
thetf:=0.0;
d:=2*PI;
theta:=d;
c:=1/a;
while (thetf<theta) do
begin
r:=a*cos(7*thetf);
x:=r*cos(thetf);
y:=-r*sin(thetf);
canvas.pixels[trunc(xc+x),trunc(yc+y)]:=clblue;
thetf:=thetf+c;
end;
//=========================== bulat besar
r1:=110;xc1:=180;yc1:=120;
c1:=1/(r1);
theta1 :=0.0;
theta_b1:=2*PI;
while (theta1<theta_b1)do
begin
x1:=xc1 +r1*cos(theta1);
y1:=yc1-r1*sin(theta1);
canvas.Pixels[trunc(x1),trunc(y1)]:=clgreen;
theta1:=theta1+c1;
end;
//========================== bulat kecil
r1:=20;xc1:=180;yc1:=120;
c1:=1/(r1);
theta1 :=0.0;
theta_b1:=2*PI;
while (theta1<theta_b1)do
begin
x1:=xc1 +r1*cos(theta1);
y1:=yc1-r1*sin(theta1);
canvas.Pixels[trunc(x1),trunc(y1)]:=clred;
theta1:=theta1+c1;
end;
end;
Hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini :-)
oke mas bro terima kasih atas kunjungannya...
sumber buku PANDUAN PRAKTIS KOMPUTER GRAFIK FADLISYAH, S.Si Dra. NURLAILA, M.Pd
0 komentar:
Posting Komentar